Bekerja di Sekitar Radon

Jika Anda bekerja dalam struktur bawah tanah atau bersentuhan langsung dengan tanah, Anda mungkin berisiko terkena paparan radon. Radon adalah gas radioaktif yang tidak terlihat, tidak berbau, tidak berasa, yang dibentuk oleh disintegrasi uranium di dalam tanah. Radon hadir di mana-mana dalam jumlah kecil, tetapi tingkat radon yang tinggi dapat terjadi di daerah di mana batu atau tanah kaya uranium. Tingginya kadar radon terkait dengan kanker paru-paru. Bahkan, paparan jangka panjang terhadap gas radon adalah penyebab tertinggi kedua kanker paru setelah merokok. Jika pekerjaan Anda melibatkan menghabiskan waktu yang lama di bawah tanah, atau jika Anda bekerja di gua atau penggalian, sadarilah bahwa radon dapat menjadi bahaya di tempat kerja yang berbahaya.

Di mana radon ditemukan?

Rendahnya tingkat radon ada di mana-mana tetapi radon dapat menjadi berbahaya ketika pekerjaan sedang dilakukan di dalam atau di sekitar bumi yang kaya uranium. Ketika uranium meluruhnya berubah menjadi radium, yang kemudian meluruh menjadi radon gas. Gas radon dapat hadir di luar ruangan dan juga bisa melewati tanah dan lantai dan memasuki gedung dan ruang tertutup lainnya.

Konsentrasi radon di udara dalam ruangan tergantung pada jumlah radium di tanah dan betapa mudahnya bergerak melalui bahan bangunan dan ke ruang dalam ruangan. Hal-hal seperti lantai dan dinding beton memperlambat pergerakan radon dari tanah ke bangunan, tetapi celah dan celah lain memungkinkan radon masuk. Konsentrasi radon dalam ruangan hampir selalu lebih tinggi daripada konsentrasi luar ruangan. Begitu berada di dalam gedung, radon tidak dapat dengan mudah melarikan diri, dan situasi ini diperburuk dengan membangun segel yang dirancang untuk membatasi jumlah udara luar yang memasuki gedung (untuk tujuan konservasi energi). Tingkat radon umumnya tertinggi di ruang bawah tanah dan ruang bawah tanah karena daerah-daerah ini terdekat ke sumber dan biasanya berventilasi buruk.

Cara mengurangi risikonya

Jika Anda bekerja di area yang diketahui memiliki konsentrasi radon tinggi, Anda harus menyelidiki kondisi. Ini sangat penting jika Anda bekerja dalam penggalian atau dalam struktur dengan ruangan sebagian atau seluruhnya di bawah permukaan tanah. Profesional yang memenuhi syarat dapat memberikan penilaian atau Anda dapat melakukannya sendiri dengan alat pengukur yang tersedia secara online atau di toko perangkat keras. Untuk memberikan ukuran keterpaparan radon yang realistis, pengukuran harus dilakukan pada tingkat struktur yang paling rendah.

Jika daerah Anda menguji di atas pedoman yang dikeluarkan pemerintah, Anda harus menyewa seorang profesional radion bersertifikat untuk menilai bagaimana tingkat radon dapat dikurangi dengan baik. Metode reduksi radon yang paling umum disebut sub-slab depressurization. Dengan solusi ini, pipa dipasang melalui sub-lantai bawah tanah ke dinding luar atau naik hingga ke garis atap. Kemudian kipas kecil terpasang untuk menarik radon dari bawah bangunan ke luar sebelum dapat memasuki ruang dalam ruangan. Jenis sistem ini dapat mengurangi tingkat radon di gedung lebih dari 90%. Meningkatkan ventilasi dan menutup jalur masuk utama juga dapat membantu mengurangi tingkat radon, tetapi efektivitasnya akan terbatas tergantung pada konsentrasi radon dan karakteristik unik dari setiap bangunan.

Jika Anda khawatir tentang kandungan uranium di tempat kerja Anda, banyak daerah memiliki peta yang mengidentifikasi area dengan tanah kaya uranium. Berkonsultasi dengan salah satu peta ini atau mengambil pengukuran radon adalah langkah pertama yang perlu untuk menilai risiko Anda terkena radon di tempat kerja Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *